Header Ads

Ternak Bebek Petelur

Ternak Bebek Petelur


Ternak bebek petelur bisa menjadi pilihan kesibukan yang menguntungkan. Masih banyaknya lahan yang belum di optimalkan serta banyaknya bahan makanan yang terkadang memiliki nilai jual yang rendah atau bahkan masuk di kategori limbah merupakan peluang tersendiri yang sangat mendukung ternak bebek petelur ini. Namun terkadang masih ada yang memandang ternak bebek petelur adalah sebagai suatu kegiatan yang kotor dengan lingkungan yang kurang sedap.Dan sudah saatnya kita bisa memulai ternak bebek modern. Jika berbicara ternak bebek modern maka harus bisa menyusun terlebih dahulu analisa usaha bebek petelur.

Sistem pemeliharaan yang banyak digunakan oleh para peternak biasanya sistem pemeliharaan secara intensif/ dikandangkan. Sistem intensif bisa juga diterapkan di lahan yang sempit dan biasanya di daerah perkotaan. Dengan sistem ini pertumbuhan bebek lebih terperhatikan oleh peternak, pakan dan minum pun lebih terkontrol.

Buat para para pemula dan belum pernah beternak bebek sebelumnya disarankan dimulai dari yang terkecil, misalkan beternak 10 atau 20 ekor. Dari segi pakan, banyak bahan yang bisa dijadikan pakan campuran dengan konsentrat. Seperti katul, jagung, karak nasi, roti kadaluwarsa, krupuk kadaluwarsa, menir, dan lain-lain. Tidak mengherankan, kalau ransum di satu daerah peternakan, berbeda dengan daerah lainnya. Ketepatan strategi mengolah pakan potensial setempat, akan sangat menguntungkan peternak.

Bagi pemula yang ingin belajar ternak bebek petelur, ada baiknya untuk mengetahui dasar-dasar dalam pemeliharaan bebek petelur, diantaranya adalah : 

Pemilihan Bibit 

Memilih bibit bebek petelur memang menjadi kewajiban sebagai calon peternak. Membeli bibit di tempat yang terpercaya merupakan salah satu cara sederhana untuk mendapatkanya. Bicara mengenai bibit untuk harga bebek petelur relatif bisa di bilang cukup stabil. 
Pakan 

Pemilihan pakan untuk bebek petelur memang kadang membuat peternak kebingungan namun saat kita bicara harga biasanya tidak jauh dengan kualitas. Jangan terpengaruh dengan harga pakan bebek petelur yang murah. Tapi sebanarnya memilih pakan bebek petelur dengan harga yang murah bukan menjadi suatu yang salah asal perlu bereksperiman mengenai kualitas pakan tersebut dengan mengamati hasilnya setelah mencoba. Dalam masa perawatan bebek petelur juga perlu memberikan vitamin atau suplemen untuk menunjang produksinya. 

Perawatan 

Dalam perawatan ternak bebek petelur kita perlu mengamati area kandang yang tepat. Sebagai cara mudah menghitungnya cukup dengan mengamati bebek petelur kita apakah kesimpitan atau tidak saat bergerak. Kandang memang perlu lega bagi bebek petelur agar leluasa bergerak. 
Masa Pemanenan 

Pada umumnya bebek petelur akan bertelur di waktu dini hari. Saat pagi sebaikanya Anda segera mengumpulkan telur bebek tersebut untuk mengurangi resiko yang mungkin bisa di timbulkan jika telur bebek tidak segera di kumpulkan. Di masa panen ini Anda bisa segera memasarkan nya atau mungkin bisa juga segera di mulai proses pembuatan telur asin untuk menjaga kesegaran telur bebek tersebut.

Kulit telur bebek pada umumnya lebih tebal dibandingkan dengan kulit telur ayam. Kondisi ini cukup penting dalam mengurangi resiko pecah atau keretakan terutama dalam penanganan dan transportasi.


Jenis Bebek Petelur yang Unggul


Jenis bebek petelur yang sangat potensial diantaranya adalah: 

Bebek Jawa (Indian Runner) 

Diantara bebek Jawa diantaranya adalah: 
Bebek Karawang 
Bebek Mojosari 
Bebek Magelang 
Bebek Tegal 
Bebek Alabio 
Bebek Khaki Champbell 
Bebek MA-2000 (bebek Ratu) 


Persiapan Kandang Bebek Petelur

Dalam memelihara bebek terdapat sistem pemeliharaan secara intensif, extensive dan semi intensif. Namun banyak peternak yang memelihara bebek dengan sistem intensif karena peluang yang dihasilkan akan lebih besar, bebek dikandangkan dan pakan diberikan oleh para peternak.

Berkembangnya sistem pemeliharaan intensif dilatarbelakangi dengan semakin sempitnya lahan untuk beternak namun semakin banyak permintaan bebek. Oleh karena itu peternak dituntut untuk selalu menjaga mutu daging atau telurnya.

Lokasi kandang yang baik untuk membuat kandang adalah jauh dari pemukiman penduduk, jauh dari lokasi bencana (banjir dan tanah longsor), mudah dalam pendistribusiannya, dekat dengan sumber pakan dan jauh dari sumber bibit penyakit.

Kandang yang dibuat sebaiknya diberikan atap sebagian kemudian diberi pagar berupa bilah bambu atau jaring paranet. Kandang yang beratap dipakai untuk tidur dan bertelur. Itulah sebabnya dalam pembuatan kandang, lantainya perlu diberikan sekam atau jerami agar tetap hangat dan dapat mencegah telur pecah.

Bagian yang terbuka merupakan tempat untuk minum dan makan. Lantai kandang ini bisa tanah biasa, anyaman bambu atau semen. Upayakan kandang agar tidak becek dan tetap kering. Usahakan bebek mendapatkan sinar matahari.

Bibit

Bila ingin memelihara bebek petelur, maka ada beberapa tahapan mulai dari pemilihan anakan umur sehari, perawatan, pembesaran, kandang yang digunakan, pakan dan minuman dan pemasaran pasca panen. Perawatan yang optimal agar bebek mempunyai pertumbuhan yang baik sehingga dapat menghasilkan seperti yang kita harapkan. Bibit bebek yang digunakan untuk petelur tentu menggunakan bebek betina. Kita bisa meminta ke peternak agar mempersiapkan bibit bebek betina yang akan digunakan sebagai bebek petelur.

Pakan

Pakan yang dibutuhkan adalah campuran beberapa bahan baku yang dihasilkan oleh industri pertanian.

Pemeliharaan DOD (Day Old Duck)

Anak bebek yang baru saja menetas tentu membutuhkan penanganan yang khusus. Hal yang perlu diperhatikan saat bebek berumur DOD adalah faktor suhu, lingkungan, ventilasi dan luas kandang. DOD bebek biasanya dipelihara dalam box pemanas dengan diberikan penghangat berupa lampu. Pemanas diperlukan sampai bebek berusia 3 minggu, dan pada usia 4 minggu ke atas lampu digunakan untuk penerangan saja.

Kandang bebek dibuat tidak terlalu sempit, anak bebek yang baru berusia 1 hari sampai 4 minggu membutuhkan luas 1 meter untuk 10 ekor anak bebek.

Bebek yang masih DOD dan dibeli dari tempat yang cukup jauh, setelah dimasukkan ke dalam kotak, jangan terburu-buru diberikan pakan. Usahakan memberikan minuman segar terlebih dahulu biasanya air segar yang diberikan gula jawa. Hal ini sangat perlu untuk menghindari stress selama di perjalanan dan perpindahan tempat. Setelah 1 jam baru kemudian bisa diberikan pakan sedikit demi sedikit.

Pemeliharaan Bebek Dalam Masa Pertumbuhan

Bebek yang sudah berusia 5-22 minggu digolongkan dalam periode pertumbuhan. Bebek usia pertumbuhan tidak dipelihara dalam kotak pemanas lagi, tetapi dipindahkan dalam kandang yang berlantai dan dialasi dengan sekam atau bahan yang mempunyai daya serap yang tinggi.

Penggunaan pasir dan kapur cukup diperlukan sebagai alas lantai kandang agar pasir tidak mudah menggumpal dan mampu menyerap kebasahan. Kapur juga berfungsi untuk meredakan kadar amoniak yang disebabkan oleh kotoran bebek. Campuran pasir, kapur dan sekam dengan perbandingan 1:2:5 dan tebal minimal 20 cm untuk alas lantai.

Sebaiknya kandang bebek digunakan saat malam hari saja, pada siang hari bebek diumbarkan agar bisa bermain di kolam. Hal ini bertujuan agar kandang bebek tidak terlalu padat dan bebek tetap merasa nyaman. Untuk masa pertumbuhan ini perbandingan luas kandang dan jumlah bebek adalah 1 meter untuk 6 ekor bebek.

Kolam air untuk masa pertumbuhan bebek sebaiknya per meter persegi untuk 12 ekor. Usahakan membuat kandang jangan terlalu dalam agar bebek tidak terlalu banyak membuang energi. Pemberian pakan untuk masa ini sebaiknya mulai diatur dan dibatasi. Berat standar untuk bebek untuk usia 20 minggu adalah 1,350-1,400 kg. Usahakan bebek mencapai berat standar agar tidak terlambat untuk bertelur.

Pemeliharaan Bebek Masa Produksi

Bebek yang sudah berusia 22 minggu ke atas digolongkan dalam bebek periode produksi. Biasanya bebek yang sudah berusia 23 minggu akan mulai bertelur. Untuk kandang bebek yang sudah bertelur sebaiknya dibuatkan sarang dengan ukuran 40x40x30 cm dengan kapasitas per sarang untuk 6 ekor bebek.

Sebaiknya bebek menempati sarang dari awal hingga akhir bertelur karena bebek terlalu peka dan mudah stress jika sering berpindah-pindah sarang. Pemberian pakan juga cukup penting selama masa produksi. Karena pemberian pakan yang teratur dapat menjaga keseimbangan antara pakan dan produksi telur.

Pemberian kalsium dan fosfor cukup penting untuk Bebek yang rajin memproduksi telur. Jika bebek kekurangan kalsium dan fosfor bebek akan mengalami kelumpuhan. Bebek juga membutuhkan mineral untuk membuat kulit telur yang diproduksi. Bebek petelur yang dipelihara dengan sistem intensif memiliki kemampuan bertelur sampai usia 74 minggu. Tetapi apabila pemeliharaannya cukup baik, bisa dipertahankan sampai usia 144 minggu.

Berikut beberapa tips dalam pemeliharaan bebek petelur, semoga bermanfaat.
  1. Usahakan bebek tetap dikandangkan dan jangan diumbar atau diliarkan. 
  2. Buatlah takaran pakan konsentrat sebanyak 0.5 ons dengan memanfaatkan bahan-bahan disekitar misalnya tutup botol dan botol. Hal ini dapat memudahkan dalam pemberian konsentrat karena dalam sehari bebek membutuhkan minimal 0,5 ons. 
  3. Biasakan memberi makan bebek 2 kali dalam sehari pagi dan siang atau malam hari. Biasakan dengan menggunakan 3 takaran konsentrat, 2 genggam nasi dan 3 takaran dedak halus. Berikan sedikit air dan aduk hingga merata. 
  4. Pemberian pakan bebek usahakan segera karena apabila terlalu lama bisa menyebabkan pakan menjadi basi. 
  5. Jangan lupa sediakan minum, yang perlu diingat dalam pemberian minum jangan berlebihan karena bisa menyebabkan kandang becek. Bisa juga dengan menambahkan vitamin untuk bebek. 
  6. Jika pakan yang diberikan sisa, sebaiknya berikan ke ternak lain atau dibuang. Karena pakan yang terlalu lama bisa basi dan dapat menjadi bibit penyakit. Usahakan dalam pemberian pakan tepat waktu. Jangan lupa untuk menutup tempat minum agar tidak digunakan untuk mandi. 

Oke sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.