Header Ads

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Ras Petelur

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Ras Petelur




Kali ini kita akan memberikan sedikit informas mengenai ayam tipe ras petelur. Kita akan menjelaskan sedikit mengenai keunggulan dan kelemahan ayam tipe ras petelur.

1. Kelebihan Ayam Ras Petelur

Ayam petelur memiliki sifat-sifat unggul seperti berikut.


  1. Laju pertumbuhan ayam ras petelur sangat pesat. Pada umur 4,5-5,0 bulan telah mencapai kedewasaan kelamin, dengan bobot badan antara 1,6-1,7 kg. Pada waktu itu, sebagian pada kelompok ayam tersebut telah berproduksi. 
  2. Kemampuan berproduksi ayam ras petelur cukup tinggi yaitu antara 250-280 butir/tahun, dengan bobot telur antara 50-60 g/tahun.
  3. Kemampuan ayam ras petelur dalam memanfaatkan ransum pakan sangat baik dan berkolerasi positif. Konversi terhadap penggunaan ransum cukup bagus, yaitu setiap 2,2-2,5 kg ransum dapat menghasilkan 1 kg telur. 
  4. Periode ayam ras petelur  lebih panjang, bisa berlangsung selama 13-14 bulan, atau hingga ayam berumur 19-20 bulan. Walaupun ayam ras hanya mengalami 1 periode bertelur , akan tetapi periode bertelurnya berlangsung sangat panjang dan produktif. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya periode mengeram pada ayam ras tersebut.




2. Kelemahan Ayam Ras Petelur


Ayam Ras Petelur Stress
  1. Ayam ras petelur sangat peka terhadap perubahan lingkungan. Kemampuan adaptasi lingkungan lebih rendah daripada ayam kampung. Ayam ras petelur lebih mudah mengalami stress .
  2. Tuntutan hidup ayam ras petelur tinggi, yaitu selalu menuntut pakan dalam jumlah dan kualitas yang tinggi, air minum yang cukup, dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada peternak. Sehingga dengan demikian, ayam ras petelur tidak cocok bila diternakkan secara ekstensif.
  3. Memiliki sifat kanibalisme yang lebih tinggi daripada yam kampung.

Catatan : Walaupun secara umum ayam ras memiliki beberapa keunggulan, akan tetapi jika kita membeli bibit ayam ras tersebut, tetap harus diteliti terlebih dahulu.

Oke sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya :)




 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.